SILABUS
Sekolah
: SMP
Kelas
: VII (tujuh)
Mata
Pelajaran : IPA
Semester
: 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami
peranan usaha, gaya, dan energy dalam kehidupan sehari-hari, dan Sisawa juga diharapkan dapat memahami konsep dan
getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
Perte
muan
|
Kompetensi
Dasar
|
Pokok
Bahasan
|
Sub
bahasan
|
Indikator
|
Penilaian
|
Aloka
si
waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
|||
Teknik/
jenis tagih
an
|
Non
Tes
|
Tes
|
||||||||
1
|
-
Menerapkan hokum newtom untuk
menjelaskan berbagai peristiwa dalam sehari-hari
|
Gaya dan percepatan
|
-
Menganalisis bagaimana terjadinya
besar gaya gesekan pada permukan
-
Mencontohkan macam-macam gaya
gesekan yang menguntungkan
|
-
Menyelidiki besar gaya
gesekan pada berbagai permukaan
-
Menunjukkan berberapa contoh gaya gesek yang mengeuntungkan, dan
merugikan
|
Lembar
tugas
|
Tanya
jawab
|
Esay
|
3 x 45
|
|
|
2
|
|
-
|
-
Mendeskripsikan gejala-gejala
hokum newton I, II, dan III
|
-
Mengenali gejala hokum, I, II,
dan III Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
-
|
Tanya
jawab
|
|
3 x 45
|
|
|
3
|
-
Menjelaskan hubungan bentuk energy perubahan, prinsip “usaha dan
energy” serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Usaha dan energi
|
-
Menerangkan bentuk-brentuk energy
dan contoh dalam kehidupan sehari-hari
|
-
Menunjukan bentuk-bentuk energy
dn contoh dalam kehidupan sehati-hari
-
Membedakan konsep energy kinetic
dan energy potensial
-
Menunjukan konsep kekelan energy
-
Menunjukan h Tanya jawab ubungan
usaha, gaya, dan perpindahan
|
Lembar
tugas
|
Tanya
jawab
|
|
3 x 45
|
|
|
4
|
|
-
|
-
Menjelaskan hubungan dalam usaha
, gaya, dan perpindahan
-
Mendeskripsikan dalam kehidupan
sehari
|
-
Menununjukan hubungan antara
daya, kecepatan, dan usaha
-
Menunjukan penerapan daya dalam
kehiduoan sehari-hari
|
-
|
Tanya
jawab
|
-
|
3 x 45
|
|
|
5
|
-
Melakukan percobaan tentang
pesawat sederhana dan peneraoannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Pesawat sederhana
|
Menjelaskan fungsi dari pesawat
sederhana dan menyelesaikan maslah kuantatif
|
-
Menunjukan kegunaan beberapa
pesawat sederhana yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
-
Menyelesaikan persoalan secara
kuantatif mengenai esawat sederhana
|
Lembar
tugas
|
-
|
-
|
3 x 45
|
|
|
6
|
Menyelidiki tekanan pada benda
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tekanan
pada benda zat padat, cair, dan gas
|
-
Menerangkan hubungan antara gaya,
tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya
-
Mengaplikasikan kosnep bejana
|
-
Menemukan hubungan antara gaya,
tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya
-
Mengaplikasikan kosnep bejana
berhubungan dalam kehiduoan sehari-hari
-
Mendeskripsikan hukum pascal dan
hukumarchimedes melalu percobaan sderhana serta penerpan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Lembar
tugas
|
Tanya
jawab
|
-
|
3 x 45
|
|
|
7
|
|
-
|
Menunjukan beberapa
produk teknologi
|
-
Menunjukan beberapa produk
teknologi dalam kehiduoan sehari-hari
sehubungan dengan konsep benda terapung , melayang, dan tenggelam.
|
Lembar
tugas
|
Tanya
jawab
|
|
3 x 45
|
|
|
8 |
Mid semester |
-
|
|
|
|
|
|
3 x 45
|
|
|
9
|
-
Mendeskripsikan konsewp getaran
dan gelombang serta parameter-parameternya
|
-
Getaran dan gelombang
|
- Menjelaskan
tentang getaran
|
-
Mengidentifikasi getaran pada
kehidupan sehari-hari
-
Mengukur periode dan prekuensi
getaran
-
Menyelidiki karateristik
gelombang longitudinal dan gelombang transversal
|
Lembr tugas
|
Tanya
jawab
|
Esay
|
3 x 45
|
|
|
10
|
-
|
-
|
- Menganalisis
priode dan getaran
|
-
Mendeskripsikan hubungan antara
kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang
-
Mengaitkan konsep gelombang
dengan kehidupan sehari-hari
|
-
|
-
|
esay
|
3 x 45
|
|
|
11
|
-
Mendeskripsikan konsp
bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
-
Bunyi
|
- Menjelaskan
beda frekuensi serta memaparkan karateristik bunyi
|
-
Membedakan jenis frekuensi bunyi
-
Memapar karateristik gelombang
bunyi
-
Menunjukkan gejalaresonansi dalam
kehidupan sehari-hari
|
Lembar
tugas
|
Tanya
jawab
|
-
|
|
|
|
12
|
|
-
|
- Menerangkan
dan menjelaskan contoh dari pantulan bunyi
|
-
Memberikan contoh manfaat dan
dampak dari pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
-
|
-
|
Esay
|
3 x 45
|
|
|
13
|
-
Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan
hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
|
-
Cahaya (optikgiomestik)
|
-
Menjelakan pemantulan dan
oembiasan serta mendeskripsikan proses pembentukan bayangan pada cermin
maupun pada lensa
|
-
Menjeleaskan hukum pemantulan dan
pembiasan melalui percobaan
-
Mendeskripsikan proses
pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung, dan
cermin cembung, lensa cekung dan lensa cembung
|
Lembar
tugas
|
-
|
Esay
|
3 x 45
|
|
|
14
|
-
Mendeskripsikan alat-alat optic
dan penerapannya dalam kehidupan seharti-hari
|
Alat-alat optik
|
-
Menjelaskan pungsi optic
-
Mengalisis gambar dari pemantulan
bayangan
-
|
-
Menjelaskan pungsi mata sebagai
alat optic dan menngambarkan pembentukan
bayangan pada retina
|
Lembar
tugas
|
Tanya
jawab
|
Esay
|
3 x 45
|
|
|
15
|
-
|
-
|
-
Menerangkan suatu kecacatan yang
dialami mata sehingga harus memakan kacamata
Menerangkcara kerja
dari sewbuah optik
|
-
Menjelaskan beberapa cacat mata
dan menggunakan kacamata
-
Menjelaskan cara kerja beberapa
alat optik
|
Lembar tugas
|
-
|
-
|
3 x 45
|
|
|
16
|
UJIAN
SEMESTER
|
|
|
|
|
|
|
3 x 45
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar