Kamis, 11 Oktober 2012

RPP



RENCANA PELKASANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                     : SMA
Mata Pelajaran                    : Fisika
Kelas/Semester                     : XI (Sebelas)/1
Alokasi Waktu                     : 10 jam(5 pertemuan)
Standar Kompetensi:
1.      Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik.
Kompetensi Dasar:
1.4 Menganalsis hubngan anatara gaya dengan gerak getaran.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.      Menjelaskan karakteristik gerak pada getaran pegas.
2.      Menjelaskan hubungan anatara periode getaran dengan massa beban berdsrkan data pengamatan.
3.      Menjelaskan gaya simpangan, kecepatan. Dan percepatan pada gerak getaran.
II. Tujaun:
            Siswa dapat:
1.      Menjelaskan pengertian osilasi (getaran)
2.      Menjelaskan pengertian periode.
3.      Menjelaskn pengertian amplitudo.
4.      Menjelaskn pengertian frekuensi.
5.      Menjelaskan pengertian frekuensi sudut.
6.      Menjelaskan osilasi pegas pada bidang datar.
7.      Menjelaskan hubungan antara periode getaran dengan massa beban.
8.      Menjelaskan simpangan benda yang berosilasi.
9.      Menjelaskan  kecepatan benda yang berosilasi.
10.  Menjelaskan percepatan benda yang berosilasi.
11.  Menghitung simpangan, kecepatan, dan percepatan pada benda yang berosilasi.
12.  Menyebutkan syarat perubahan panjang pegas yang digantungi benda.
III. Materi Ajar:
Gaya Pegas
IV.Metode Pembelajaran:
Diskusi kelompok, observasi, eksperimen, ceramah.
V.Langkah-langkah Kegiatan:
Pertemuan Pertama
Kegiatan awal
Ø Motivasi dan Apersepsi:
Bagaimana syarat benda dikatakan berosilasi (bergetar)?
Ø Prasyarat pengetahuan:
Apakah yang dimaksud dengan osilasi (getaran)?
Ø Pra eksperimen:
Berhati-hatilah menggunakan pegas.







Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø  Membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø Mendiskusikan pengertian osilais (getaran).
Ø Mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengetahui osilasi pada pegas.
Ø Memberikan contoh soal.
Konfirmasi:
Dalam kegiatan konfirmasi, siswa:
Ø Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Ø Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir
Ø Membuat rangkuman
Ø Memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal
Ø Motivasi dan Apersepsi:
Bagaimana syarat terjadinya osilasi pegas pada bidang datar?
Ø Prasyarat pengetahuan:
Apakah yang dimakasud dengan posisi setimbang?
Ø Pra eksperimen:
Berhati-hatilah menggunakan pegas.


Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Mempersentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengetahui osilasi pegas pada bidang datar.
Ø Memberikan  contoh soal.
Konfirmasi:
Dalam kegiatan konfirmasi, siswa:
Ø Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Ø Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir
Ø Membuat rangkuman
Ø Memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Pertemuan Ketiga
Kegiatan awal:
Ø Motivasi dan Apersepsi:
Bagaimana mendapatkan persaman kecepatan osilasi benda?
Ø Prasyarat pengetahuan:
Ø Bagaimana mendapatkan persaman simpangan osilasi benda?





Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Mendiskusikan
Ø Menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
Ø Memberikan  contoh soal.
Konfirmasi:
Dalam kegiatan konfirmasi, siswa:
Ø Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Ø Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

Kegiatan Akhir
Ø  Membuat rangkuman
Ø  Memberikan tugas ruma berupa latihan soal.
Pertemuan Keempat
Kegiatan awal:
Ø Motivasi dan Apersepsi:
Apa yang terjadi jika sebuah pegas digantungi beban?
Ø Prasyarat pengetahuan:
Apakah syarat trjadinya perubahan panjang pada pegas yang digantungi beban?


Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø  Membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Mendiskusikan
Ø Menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
Ø Memberikan  contoh soal.
Konfirmasi:
Dalam kegiatan konfirmasi, siswa:
Ø Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Ø Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

Kegiatan Akhir
Ø Membuat rangkuman
Ø Memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar:
Ø Buku Fisika SMA Kelas XI
Ø Buku referensi yang relevan
Ø Alat dan bahan pratikum
VII. Penilaian:
a.     Teknik Penilaian: Tes tertulis, Tes unjuk kerja.
b.    Bentuk Instrumen: Pilihan Ganda, Uraian,

Instrumen:
Tes Pilihan Ganda
a)    sebuah pegas digantungi beban mengalami osilasi dengan periode 0,2 s. jika konstanta 1000 N/m, maka masa beban adalah…

Tes Uraian
b)   Sebuah pegas memiliki konstanta 1000 N/m. Pegas berada di atas lantai datar yang licin dimana salah satu ujung pegas diikatkan pada tempat tang tetap, sedangkan ujung lainnya ditambatkan benda bermassa 0,5 kg. benda disimpangkan sejauh 10 cm dari posisi setimbang. Tentukan: a) frekuensi oilasi benda, b) simpanagn sebagai fungsi waktu, c) kecepatan sebagai fungsi waktu, dan d) percepatan sebagai fungsi waktu.



Mengetahui,                                                    Palembang,
                                                                        Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah                                  

………………………                                    ………………………
NIP.                                                                Nip.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar